Tulungagung – – – Setelah sukses menyelenggarakan ujian TOAP (Test Of Arabic Proficiency) secara serentak untuk Mahasiswa semester 3 pada 08 Januari 2024, dan berakhir pada 23 Januari 2024, hari ini, 24 Januari 2024 sampai 07 Februari 2024, UPT Bahasa malaksanakan ujian TOEP (Test Of English Proficiency) secara serentak yang juga diperuntukkan untuk mahasiswa semester 3 dengan konsep ujian yang sama yakni offline dan online. Untuk offline, disediakan 2 kelas untuk tempat ujian; yang semuanya berada di Laboratorium Komputer di lantai 2 gedung UPT Bahasa. Sedangkan untuk yang online bebas memilih tempat asal sesuai jam ujian dan tempatnya representatif untuk ujian.

Penyelenggaraan ujian TOEP (Test Of English Proficiency) ini tetap melibatkan seluruh pegawai UPT Pusat Bahasa dan dosen-dosen yang mengajar Bahasa, baik Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris. Semua yang terlibat ini bertugas sebagai pengawas ujian dan teknisi.

“Yang kemarin, untuk TOAP, kita sukses. Dari semua peserta yang mendaftar, 95% hadir dalam ujian. Bisa dikatakan sudah mencapai target. Kita berharap untuk TOEP (Test Of English Proficiency) ini kita bisa mencapai target 100%,” jelas Gus Moeh, panggilan akrab Dr. Ahmad Muhdhor, M.Pd.I., selaku Koordinator TOEP.

“Yang penting semuanya kompak. Pelayanan UPT Bahasa harus masksimal. Insyaallah semuanya akan sesuai target. Kita sangat berterima kasih kepada pihak Institusi yang sudah memberikan fasilitas internet yang maksimal. Sebab jika internet gangguan, maka ujian ini juga akan tergangu. Kami sangat bergantug pada kecepatan internet kampus,” tegas Gus Moeh.

Perlu diketahui, TOAP (Test Of Arabic Proficiency) dan TOEP (Test Of English Proficiency) adalah dua piranti wajib bagi seluruh mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sertifikat dari dua ujian ini akan digunakan oleh mereka untuk menempuh ujian Komprehensif; yang merupakan syarat utama untuk mengambil program TA (Tugas Akhir) atau Skripsi.

“Benar, tanpa sertifikat TOAP dan TOEP, mahasiswa tidak bisa mengikuti ujian Komprehensif. Tentu, ini akan merugikan mahasiswa yang bersangkutan. Mereka tidak akan bisa mengambil program Skripsi,” tutur Pak Saepuloh, dosen FUAD yang berkantor di UPT Bahasa.

“Untuk hari ini, Alhamdulillah, TOEP berjalan sangat lancar. Jaringan internet sangat kuat. Tidak ada kendala sama sekali. Kita semua juga kompak. Saya optimis, kita bisa mencapai target 100%. Artinya, semua peserta tidak ada yang terlewat, dan bahkan tidak jadi ikut ujain,” pungkasnya.

Seperti TOAP, TOEP juga dilaksanakan 3x ujian dalam sehari. Jam pertama dimulai pukul 07:30, jam kedua dimulai pukul 10:00, dan jam ketiga dimulai pukul 13:30.

Sukses Menyelenggarakan Ujian TOAP, UPT Bahasa Lanjut dengan Ujian TOEP
Bagikan informasi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *